Selasa, 20 Maret 2012

soal un sosiologi dan pembahasannya

1. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar interaksi sosial antara guru dan siswa bisa lancar dan berlangsung seimbang, maka dite-rapkan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).
Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi merupakan proses terjadinya ....
A. status dan peran
B. aksi dan reaksi
C. individu dan kelompok
D. asosiatif dan kooperatif
E. stratifikasi dan diferensiasi

2. Dalam interaksi sosial harus ada kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini yang termasuk komunikasi sekunder dalam interaksi sosial ada-lah ....
A. Anita menerima kiriman surat dari seseorang di luar negeri
B. Yudi berkata kepada Yuni bahwa hari ini ada pentas seni
C. Kepala sekolah menjelaskan tentang kedisi-plinan para siswa
D. Tawuran antarsiswa STM dan SMA direkam oleh wartawan
E. Seorang pedagang sedang menghitung jumlah keuntungannya

3. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk pri-badi sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kecenderungan untuk ....
A. berinteraksi D. berkuasa
B. berkompetisi E. berbeda
C. bekerjasama


4. Nilai (value) adalah anggapan masyarakat ten-tang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar.
Berdasarkan definisi tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ....
A. abstrak dan ideal
B. konkret dan materiil
C. individual dan mutlak
D. statis dan komunal
E. konkret dan mutlak

5. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan adalah ....
A. tempat D. larangan
B. waktu E. sanksi
C. perintah

6. Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai pedoman untuk ....
A. Memberikan batas-batas pada perilaku individu
B. Mengidentifikasi individu dengan kelompok-nya
C. Mencapai kebahagian lahir batin (hakiki)
D. Menjaga solidaritas masyarakat beragama
E. Menjaga masyarakat dari bahaya narkoba

7. Sejak lahir hingga dewasa, individu terlibat dalam pergaualan sosial-budaya. Dalam proses tersebut, individu mendapatkan nilai, norma, dan peran sosial sehingga menjadi orang dewasa yang berguna bagi masyarakat.
Proses belajar dalam pergaulan sosial-budaya tersebut dinamakan ....
A. interaksi D. akomodasi
B. integrasi E. asimilasi
C. sosialisasi

8. Dalam berinteraksi dengan teman sebaya, se-orang anak secara bebas tanpa paksaan dapat menerima ataupun menolak perilaku yang baik sesuai nilai dan norma sosial.
Bentuk sosialiasi pada contoh tersebut bersifat ....
A. otoritatif D. interaktif
B. ekualitatif E. komunikatif
C. edukatif

9. Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat arti idolanya di televisi yang juga berambut pirang.
Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ....
A. keluarga luas
B. teman sepermainan
C. sekolah formal
D. lingkungan kerja
E. media elektronik

10. Jika seorang pemuda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang berperilaku menyimpang, se-perti berandalan, pemabuk, atau pecandu narkoba, maka lambat laun akab berperilaku menyimpang juga atau mengikuti perbuatan-perbuatan itu.
Perilaku menyimpang yang dilakukan pemuda tersebut disebabkan oleh ....
A. sosialisasi sub-budaya menyimpang
B. pengaruh budaya asing menyimpang
C. tidak jelasnya norma dalam kelompok
D. tidak diterapkannya sanksi sosial
E. perbedaan budaya masyarakat

11. Jenis pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung dari sumber-nya dan belum tentu kebenarannya, tetapi ber-fungsi efektif adalah ....
A. intimidasi D. gosip
B. cemoohan E. hukum
C. teguran

12. Setiap malam Ani selalu keluar, maka kemudian ia pun digosipkan sebagai wanita nakal. Mende-ngar dirinya digosipkan sebagai wanita nakal maka ia pun tidak suka lagi keluar malam.
Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa gosip dapat berfungsi sebagai alat ....
A. pelapisan sosial
B. diferensiasi sosial
C. pengendalian sosial
D. perubahan sosial
E. sosialisasi efektif

13. Perhatikan daftar unsur sosial berikut ini!
1. status sosial dalam masyarakat
2. konflik sosial dalam masyarakat
3. lembaga sosial dalam masyarakat
4. interaksi sosial dalam masyarakat
Berdasarkan daftar di atas, unsur utama pem-bentuk struktur sosial adalah ....
A. 1 dan 2 D. 2 dan 4
B. 1 dan 3 E. 3 dan 4
C. 2 dan 3

pembahasannya :

1. Pembahasan:
Interaksi sosial adalah proses aksi (guru) dan reaksi (siswa). Karena adanya proses kontak dan komunikasi.
Jawaban: B

2. Pembahasan:
Komunikasi sekunder merupakan proses interaksi dengan adanya media pengantar seperti surat dan tidak terjadi bersamaan (sewaktu).
Jawaban: A

3. Pembahasan:
Manusia sebagai makhluk sosial membutuhakan berinteraksi dengan manusia lain untuk mencapai tujuan.
Jawaban: A

4. Pembahasan:
Nilai yang masih berbentuk anggapan maka keberadaannya bersifat abstrak dan ideal.
Jawaban: A

5. Pembahasan:
Beda antara norma hukum dan norma kebiasaan terletak pada sanksi yang diberikan. Sanksi norma kebiasaan adalah berupa teguran, sindiran, digunjingkan sedangkan sanksi norma hukum berupa denda dan pidana (penjara).
Jawaban: E

6. Pembahasan:
Fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat, antara lain:
 Menjaga solidaritas masyarakat beragama
 Menciptakan toleransi.
Jawaban: D

7. Pembahasan:
Sosialisasi adalah proses pengenalan nilai dan norma serta peran sosial bagi setiap individu.
Jawaban: C

8. Pembahasan:
Interaksi sosial merupakan bentuk sosialisasi dengan cara kontak dan komunikasi.
Jawaban: E

9. Pembahasan:
Agen sosialisasi yang menyebabkan Arman berubah adalah media elektronik, yang membuat Arman meniru idolanya.
Jawaban: E

10. Pembahasan:
Perilaku menyimpang karena pengaruh budaya teman sepermainan yang menyimpang disebabkan sosialisasi sub-budaya menyimpang.
Jawaban: A

11. Pembahasan:
Gosip merupakan berita yang tersebar dan belum jelas kebenarannya berfungsi untuk mengendalikan penyimpangan sosial.
Jawaban: D

12. Pembahasan:
Gosip berfungsi sebagai pengendalian sosial. Tujuannya agar tidak terjadi pelanggaran yang lebih jauh.
Jawaban: C

13. Pembahasan:
Unsur utama struktur sosial:
 Status
 Peran
 Kelompok sosial
 Lembaga sosial
Jawaban: B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar